Tes Seleksi PT Pindad

16.03

Biar traffic blog meningkat sesekali harus nge-post hal yang bermutu & dicari banyak orang. Aku mah emang susah kalau harus kerja tanpa pamrih mbak. Yha.

Akhir 2014 saya apply lamaran di PT Pindad (Persero). Waktu itu saya masih fresh from the oven. Saya lulusan universitas paling top di Yogyakarta. Jurusan mayan okelah. Oke banget malah. Dulu saya daftar ke PT Pindad karena.........semua didaftarin dong. Fresh graduate gitu. Dulu daftar langsung daftar aja. Tanpa searching info sana-sini.


Oktober 2014
Apply online. Dokumen persyaratan dikirim via email : ijazah, transkrip nilai, KTP, pas foto, skor TOEFL, CV. Nunggu pengumuman administrasinya lama.


Desember 2014
Akhir bulan November keluar pengumuman lolos administrasi. Seingat saya total ada 2000an yang dipanggil tes TPA di Bandung dan Surabaya. Dan katanya ada 20.000 lebih aplikasi pendaftaran yang masuk. Saya ambil tes di Bandung, dari jurusan saya total ada 500an orang. Tes TPA lebih banyak soal logika dan berhitung serta beberapa soal bahasa. Waktu pengerjaan 2 jam untuk 150 soal. Iya, 150 soal. Dan. Tempat tes di GOR! Tanpa meja, pada papan jalan kugantungkan hidupku #lebay. Pegel banget mak lehernya.


Januari 2015
Awal Januari 2015 keluar hasil tes TPA. Dari 2000an peserta itu, tinggal sisa 100an orang. Yha ku merasa pintar disini hahaha. Pertengahan Januari tes tahap kedua (psikotest) di Pindad. Logika, tes pauli, pertanyaan tentang diri sendiri, menggambar. Waktu itu saya pertama kali tes pauli bisa nambah kertas, biasanya dedek nggak sampai 3/4 lembar :(.


Maret 2015
Pengumuman psikotesnya lama! Tapi alhamdulillah lolos dong. Total tinggal 50an orang. Dari jurusan saya tinggal 6 orang. Yaampun kumerasa keren. Tes tahap ketiga tes litsus. Penelitian khusus. Di tes ini nasionalisme kita diuji. Tes berlangsung dua hari. Hari pertama tes tertulis. Pertanyaannya seputar pancasila, ideologi, negara, undang-undang, kewarganegaraan, hukum yah pokoknya pengetahuan umum yang berkaitan dengan nasionalisme. Hari kedua wawancara. Pertanyaan hampir sama seperti tes tertulis, tapi disini kita harus bisa memberikan opini yang kuat atas jawaban kita. Malu atu lah kalau keliatan bosok ngalor ngidul jawabannya.
Contoh pertanyaannya :
Setuju nggak kalau negara kita ideologinya diubah?
Dan akupun menjawab tidak setuju. Sebelum menjawab tidak setuju, harus tahu dulu dong ideologi itu apa, ideologi apa yang ada di dunia dan ideologi apa yang sekarang diterapkan di Indonesia. Kalau kita tidak tahu dasar pengetahuan tentang ideologi ya wassalamualaikum warahmatullah hi wabarakatuh jamaaaah~.

Bagaimana cara yang tepat dalam memaknai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari kita?
Nah loh PPKn banget kan. Tapi nggak mungkin juga kan kita jawab pake jawaban PPKn a la anak SD.
Dan yang menurut saya susah itu waktu diminta pendapat tentang kasus tertentu. Yha mba saya cupu jarang ngikutin berita kekinian.

Kuncinya sih perbanyak baca buku kewarganegaraan, bukan buku kewarganegaraannya anak sekolah lho ya. Dan jadilah warga negara yang baik. Durasi wawancaranya 2 jam loh. Haks.


(Masih) Maret 2015
Awalnya saya pesimis lulus. Interviewer saya keliatan udah bosan & capek banget. Eh alhamdulillah masih diberi kesempatan lanjut tes tahap kelima : medical check up. Tempatnya di RS Pindad. Tes mata, urin, darah, jantung, paru-paru, fisik (berat, tinggi, tensi). Standar sih. Dari ke lima puluh sekian peserta, yang belum bisa lolos sampai tahap medical check up sekitar 6 orang. Masih ada empat puluh sekian atau lima puluh lebih dikit. Saya lupa. Uda tua euy.


April 2015
Haks tahap akhir! Final interview! Interviewer ada 3 orang. 1 dari HRD, 2 dari orang department. Kalau yang skor TOEFL nya lebih dari 500, introduction in English + menjelaskan singkat tentang perusahaan in English juga. Selanjutnya pertanyaan khas wawancara pada umumnya : kelebihan-kekurangan, skripsi, motivasi kerja disini.

"Kamu punya semacam trauma/ ketakutan tidak? Maksud saya seperti takut ketinggian, takut ledakan gitu?" Tidak Pak!

"Pernah naik gunung? Atau tinggal di remote area?" Belum pernah Pak.

"Nanti kalau kamu diterima kamu bakal sering keluar masuk hutan, ke remote area juga lho. Siap?"
Siap dong Pak!
Sepintas terlihat lancar wawancara saya saat itu.



Dan waktu sampai rumah ku baru ingat kalau saya benci sama petasan.

Dilempari mercon rawit aja saya bisa nyumpah-nyumpah sepanjang masa *lebay* . 

Waktu itu saya benar-benar sudah pasrah. Ego tetep pengin diterima, tapi alam bawah sadar ragu :"Yakin ky nanti kalau diterima nanti kerjanya di lab yang banyak bahan peledaknya loh. Siap ngetes peledak sendiri-kaget sendiri-nyumpah nyumpah sendiri?"

 
Endingnya, saya belum lolos. Eyakk~ biasa aja bacanya nggak usah sambil trenyuh gitu i.
Di tes terakhir ini, total peserta 40 sekian, dari jurusan saya tinggal 2 : saya dan kakak angkatan saya (cowok). Teman saya itu diterima. Total ada 39 orang yang diterima. Walaupun gagal dan sudah mengorbankan banyak hal (dan nolak perusahaan lain T.T) saya tetap bangga kok bisa sampai tahap akhir mengalahkan ribuan orang lainnya.
***Semoga tulisan saya ini bermanfaat untuk teman-teman yang sedang berjuang di luar sana yaa**

Salam hangat dariku, mantan calon awewe Bandung.

Bye~

You Might Also Like

37 komentar

  1. masyaAllah mbak. saya punya cita-cita di sana mbak semenjak SMP. saya cuma bisa do'a mantap mbak makasih informasinya. saya bakal belajar dari semest 4 ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal :)
      Semoga tercapai cita-citanya ya

      Hapus
  2. Assalamu alaikum, salam kenal mbak rizky, kalo boleh tau total berapa lama proses rekrutmen pindad dri awal -akhir waktu mbak ikut dulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, salam kenal. kurang lebih lima bulan

      Hapus
  3. asslamualaikum mba, saya dpt panggilan tes tahap 2 nih. tpa nya gimana yah mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahap dua dulu saya psikotes mas, psikotes umum aja logika, berhitung,pauli, tes kepribadian. Good luck!

      Hapus
    2. gak ada tes gambar kan mba? makasii mbaa

      Hapus
  4. Selamat Siang kak, izin bertanya
    Says bc ceritanya kakk, blm nyentuh ke gaji hehe, Kalo boleh tau kisaran gaji dsana u/ fresh graduate brp , terimakasih_

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siang, tahun 2015 fresh graduate S1 kalau tidak salah ingat 4,8. Beberapa blog lain nyebutin tahun 2016 sudah 5,3

      Hapus
  5. Tanggal 27 nanti saya ada tes TPA mbak. di atas kan disebutkan ada tes logika, berhitung, dan bahasa ya. nah bahasa maksudnya bahasa inggris atau kayak sinonim antonim gitu mbak? Terima kasih

    BalasHapus
  6. Thankyou for sharing, mau tanya mba, disekitar daerah pindad apakah ada sejenis penginapan/guest house yg tarif mahasiswa jogja ga ya hehe, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada penginapan murah sekitar situ, saya nggak punya kontaknya tapi. Blog lain ada yg pernah share kontaknya

      Hapus
  7. Mbak, mau tanya saya kan bakal tes TPA online nih di pindad, dulu itu apakah tes nya menggunakan smartphone juga ya? Soalnya kalau sekarang membawa smartphone masing2 dgn spesifikasi minimum, apakah dulu juga sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu TPA tertulis biasa di GOR, sudah saya tulis di atas yaa

      Hapus
  8. Assalamualaikum kk, permisi mau tanya, untuk soal tpa nya apa2 saja ya kk...? Apa TPA lengkap, verbal, matematika, logika, sama spasial...? Atau memang cuma matematika, sinonim, antonim kayak yg kk sebutkan ditulisannya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya satu lagi kk, sewaktu kk tes tpa apa semua soal dapat kk jawab,...? Kira2 berapa minimal supaya bisa lolos ke tahap selanjutnya kk...?

      Hapus
    2. Waalaikumsalam Randi. TPA lengkap bgt, semua ada. Dulu saya nggak selesai semua, waktunya kurang. Keisi 90% kira-kira.
      Berapa persen supaya lolos saya kurang tau.
      Good luck.

      Hapus
    3. Tes TPA nya lengkap bgt itu apa aja ya mbak selain sinonim antonim dan jg bahasa?

      Hapus
  9. Soal logika dan berhitungnya macam kek gimana ya mbak?

    BalasHapus
  10. Misiiilll.. Trnyata kamu yg nulis ini.. Ngakak so haard.. Kereeen deeh kamu beer

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum.mau tanya dong ka kalo saat tidak lolos apakah pindad memberi pemberitahuan seperti saat lolos?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, Dian. Baik lolos & tidak lolos dulu tidak ada pemberitahuan. Jadi harus aktif cek sendiri di web

      Hapus
    2. Halo @dian aku jg lagi nunggu pengumuman psikotes, boleh email aku : saniaghniaa.saa@gmail.com :)

      Hapus
  12. Ka ntar jam 7 pagi saya tes psikotest pindad, tp skarang jam 3 pagi masih belum tidur, cuman mau curhat aja, ka. Makasih :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dihubungin lewat telfon ya ?

      Hapus
    2. Hai filipi, sudah diumumkan hasil tpa nya? Kalo boleh tau kapan ya?

      Hapus
  13. Kira2 pengumuman hsil psikotes tgl 17 Oktober kmaren kpn y abg2 kakak2 y?

    BalasHapus
  14. Udah ada yg dipanggil untuk psikotes ya?

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Wah rame ya. Mohon maaf kalau ada yang tanya-tanya jawabnya lama / tidak terbalas. Lagi jarang buka blog. Good luck semuanya, semoga lancar tes nya

    BalasHapus
  17. malam kak, mau nanya dong...
    pengumuman hasil akhir biasanya berapa lama dan diinfoin via apa ya kak?

    BalasHapus

Mengenai Saya

Foto saya
Hai. Terimakasih atas kunjungannya.

Entri Populer

Pengikut

Part of

Blogger Perempuan