Menuju Kebumen

16.48



Kebumen sekarang sedang nge-hits bro, siapa tau ada yang butuh informasi ini. Saya sendiri juga sering searching rute-dari-kota-A-menuju-kota-B. Sering travelling banget ya ky? Enggak lah iseng ae, aku mah emang anaknya suka iseng dan penasaran tanpa sebab. 
Tapi ya tapi, baru sekali ini saya iseng searching rute ke Kebumen, iya kampung halaman saya itu, tapi nihil. Ada sih tapi isinya sama sekali tidak membantu, yah web-web SEO gitu khak. Kan males isinya plek jiplek sama Google Map. Kalau gitu mah mending liat Google Map aja. Ya kan?
Barangkali ada orang Sibolga pengin main ke Kebumen. Atau orang Wakatobi dipindah tugaskan ke Kebumen.


Letak Geografis
Diawali dengan letak geografis. Biar dikira tulisan berbobot, sistematis dan terstruktur. Secara geografis Kebumen berbatasan dengan Kabupaten Purworejo di sebelah timur, Kabupaten Cilacap di sebelah barat, Kabupaten Wonosobo di sebelah utara dan Samudra Hindia di sebelah selatan.


Bandara Terdekat
Saya nggak tahu ya mz mb yang butuh info ini datangnya dari mana. Dari Sibolga. Dari Rancaekek. Atau dari Braga. Kan mlz ya kalau harus jelasin satu-satu dari daerah yang belum tentu saya paham itu. Jadi terserah lah nanti mau naik pesawat dari mana, yang penting turun aja di Bandara Adi Sucipto Jogjakarta. Tahu Jogja kan? Kebangetan kalau nggak tahu.  Kalau terpaksa kebablasan ya turun aja di Adi Somarno Solo. Yakaliiii dikira kopata pake kebablasan.
Dari Bandara Adi Sucipto ada beberapa pilihan jalur transportasi.
1. Naik bus patas Efisiensi.
Bis ini melayani trayek Jogja-Cilacap dan Jogja-Purwokerto. Sok atuhlah terserah mau naik rute yang mana, dua-duanya lewat Kebumen kok. Tarifnya flat 60.000, lebaran tarif naik ya sist. Bandaranya jauh dari terminal. Tapi tenang di dekat bandara ada shelter bus Efisiensi. Nanti akan ada shuttle yang nganterin ke pool Efisiensi. Udahlah ini udah pilihan paling asoy buat orang yang nggak medit dan suka mager. Waktu tempuhnya sampai ke Kebumen kota sekitar 2-2,5 jam.
2. Naik bus ekonomi
Pilihan ini nggak adigung adiguna banget kalau dilakukan. Sudah dijelaskan kalau bandaranya jauh dari terminal. Ada sih Trans Jogja dari bandara ke terminal. Atau naik Gojek. Estimasi waktu tempuh 20-30 menit ke terminal. Terminal-Kebumen Kota 3 jam. Tarif bus Jogja-Kebumen Rp 25.000.
3. Naik kereta
Hmmm leh ughak lah. Pilihan kereta lokal cuma satu : prameks alias prambanan ekspress. Naiknya langsung dari stasiun bandara. Tapi ya itu, stasiun pemberhentian prameks nya baru sampai kutoarjo. Dari kutoarjo nanti nyambung lagi pake bis. Ada pilihan lain kereta jarak jauh, tapi ndadak ke Stasiun Lempuyangan atau Stasiun Tugu dulu. Sama-sama capek lah pokoknya.
4. Naik taksi
Ahahahahahaha sana kalau duitmu banyak naik taksi aja. Seratus dua puluhan kilometer bisa dikira-kira berapa bayarnya ahahahaha. Atau naik Gojek juga boleh sana kalau drivernya mau.



Stasiun Terdekat
Kebumen dilalui jalur kereta api dengan 3 stasiun besar : stasiun Kebumen, stasiun Karanganyar, stasiun Gombong. Atau yang tempat tujuannya ada di Kebumen sebelah timur bisa pilih turun di stasiun Kutoarjo biar lebih deket.


Mau Naik Bus Aja
Hampir semua bus jurusan Jogja / Solo/ Surabaya yang lewat jalur selatan melewati Kebumen



Kendaraan Pribadi
Buka Google Map aja bro.



Akhirul kalam, wabilla hil taufiq wal didayah. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Semoga bermanfaat. Saya emang lagi seneng nulis yang bermanfaat dan mendatangkan banyak traffic . Salam manis dari mbak-mbak manis asli Kebumen ini.

You Might Also Like

2 komentar

  1. Keren broooo...
    Hokya ..hokyaaa pokok'e ..hahaha

    BalasHapus
  2. Tarif bus kutoarjo - kebumen berapa ya mba? bisa sampe malem kah bis nya? Terimakasih sebelumnya..

    BalasHapus

Mengenai Saya

Foto saya
Hai. Terimakasih atas kunjungannya.

Entri Populer

Pengikut

Part of

Blogger Perempuan